Kamis, 11 April 2013

Membuat bunga dari rafia

 Salam kreatif.
Kali ini,saya akan memberikan cara bagaiman membuat bunga dari tali rafia, bahan yang kelihatannya sederhana bila kita pandai berkreasi, maka akan menghasilkan karya yang unik dan menarik. Alat yang kita gunakan untuk kreasi kita kali inipun sangat sederhana. Dan bahan yang biasanya hanya kita gunakan untuk menali sesuatu misalnya, ditangan orang yang kreatif barang yang semula hanya sederhana saja atau bahkan sudah tidak berguna bisa kita manfaatkan. Baiklah kita mulai saja proyek kita kali ini. Yang pertama adalah alat;

Alat;
Alat disini kita hamnya menggunakan,Gunting,
Lidi yang lentur atau kawat.




 Bahan;
Untuk Bahan, yaitu yang merupakan bahan utama dalam proyek kali ini,kita hanya menggunakan tali rafia aneka warna, Terutama warna hijau untuk daun.



Untuk itu tak perlu berlama-lama, kita langsung saja actiooooooon



Dan untuk langkah yang pertama, Ambil rafia warna merah, kita akan mulai membuat bentuk bunga mawar dulu.  Potong kira-kira 1 m. Kemudian salah satu ujungnya kita buat simpul seperti pada gambar di samping. yaitu tali yang sering kita lakukan untuk menali.ini mudah sekali.










 Kemudian kita buka dan lebarkan bagian yang lain atau tali yang lebih panjang dari simpul tadi sampai ke ujung. Dan kita pegang seperti ini dengan tangan kiri.











 Langkah selanjutnya kita tekuk bagian yang sudah kita lebarkan tadi seprti gambar, ingat pegang tali pakai tangan kiri. jepit simpul pakai telunjuk dan ibu jari. Dan jari manis untuk membuka rafia agar tetap terbuka.











 Kemudian kita lipat atau kita putar bagian yang lebar secara melingkar pada ikatan Dan simpul tadi sebagai porosnya. Lakukan ini terus sampai habis.










Terus dari bawah ke atas hingga terbentuk seperti ini. jika dilihat dari depan. Oya, untuk hasil yang maksimal gunakan rafia yang berkwalitas bagus,atau warna transparan, hasilnya akan lebih mengkilap.












 Lipat dan putar sampai habis tali yang kita lebarkan tadi,Setelah semua lilitan habis, sisakan sedikit ujungnya dan kita ikatkan dengan poros atau tali yang pertama kita simpulkan tadi. Dan terbentuk menjadi seperti ini.












Langkah selanjutnya ambil rafia warna hijau,dan potong seperti ini.Ini kita gunakan untuk membuat daun. Cara memotong dapat kita lakukan dengan menekuk rafia yang sudah kita buka dan kita lebarkan, Satu helai ini nantinya bisa jadi 2 helai daun.










Kemudian ditekuk seperti gambar di samping. kita buat bagian ini tiga buah,yang nantinya kita gunakan untuk  membuat kelopak dan akan menjadi enam helai.










Dan setelah kita rangkai akan jadi seperti gambar dibawah ini,  Disini saya membuat contoh dua tangkai bunga mawar. Yaitu warna merah dan kuning.

Kita bisa membuat bunga mawar ini sebanyak yang kita mau. Kemudian kita bisa merangkainya dengan macam-macam bentuk yang akan saya posting pada tulisan  selanjutnya. Disini saya hanya membuat dua kuntum mawar merah dan kuning. Dengan tema yang simpel. Yang nantinya akan di padukan dengan vas bunga dari kaca neon bekas dan sudah tidak terpakai.





Untuk langkah selanjutnya kita akan memberi tangkai dari lidi atau supaya lebih kuat kita bisa pakai kawat (tapi kalau pakai kawat lebih sulit waktu melilit tangkai karena licin) kemudian kita lilit pakai rafia warna hijau mulai dari pangkal bunga sampai semua tangkai tertutup  dan terlilit rafia sambil sesekali di beri daun seperti waktu kita membuat untuk kelopak tadi.


Dan inilah hasil karya kita kali ini, mudah dan menarik bukan? untuk tulisan nanti akan saya membuat vas bunga dari lampu neon bekas. Yang nantinya kita gunakan untuk menaruh bunga ini.






















 Selamat berkreasi!..



 Artikel terkait;

 Wadah hp unik




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Pesan Dengan Baik dan Sopan.
Dengan Demikian menunjukkun Bahwa Anda
Orang yang Berkepribadian Baik